Belajar Investasi Syariah dan Mengenal Jenis - Jenisnya

Posted by KarimGanas on 19.10 in ,

 

Investasi syariah menjadi investasi yang akan dipilih oleh umat muslim yang taat dengan aturan agama. Meskipun investasi konvensional memberikan hasil yang jauh lebih besar, namun hidup di atas anjuran agama akan terasa lebih damai. Dengan melakukan investasi syariah, tentunya selain bisa mengamankan harta yang Anda miliki, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dengan tetap pada prinsip dan hukum di dalam islam.

Jika Anda masih belum paham terkait dengan apa itu investasi syariah, investasi syariah sendiri memiliki pengertian yang sama saja dengan investasi konvensional. Pada investasi syariah sendiri penanaman modal dilakukan masyarakat dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang tetap disesuaikan pada prinsip dan hukum dalam Islam. Apabila di Indonesia investasi konvensional akan diawas secara langsung oleh OJK, beda halnya dengan investasi syariah. Di Indonesia, investasi syariah akan diawasi dewan Syariah Nasional dan Dewan Pengawas Syariah yang telah dibentuk oleh Majelis Ulama Indonesia.

Sebenarnya, pada praktiknya investasi syariah dan konvensional sama saja. Namun, pada investasi yang menguntungkan dari investasi syariah ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh investasi konvensional. Pada investasi syariah tidak ada riba didalamnya. Jadi dengan kata lain, pada investasi ini tidak ada harta yang ditambahkan tanpa adanya perdagangan atau tanpa melalui usaha atau kerja keras sebagai cara untuk menambah hartanya. Di dalam prinsip Islam sendiri, riba adalah sesuatu hal yang sangat merugikan terutama pihak peminjam.

Kemudian, kelebihan dari investasi syariah selanjutnya adalah grahar dan maysir yang artinya pertaruhan dan memperoleh sesuai tanpa adanya susah payah atau bekerja keras. Dan terakhir, kelebihan dari investasi syariah adalah menggunakan akad, jadi pada investasi syariah yang menjadi karakteristik investasi ini adalah akad. Akad sendiri bisa berupa akad kerja sama, akad bagi hasil dan akad sewa menyewa.

Jika Anda sekarang ini masih belajar investasi, tentunya Anda haus tau jenis investasi apa saja yang tersedia di dalam investasi syariah. Pada investasi syariah sendiri ada yang namanya investasi deposit syariah. Pada investasi satu ini, Anda hanya perlu memasukkan uang yang ingin didepositokan ke dalam bank syariah. Uang yang sudah Anda deposit kan tidak bisa diambil lagi dalam jangka waktu tertentu.

Kemudian ada juga reksadana syariah yang secara sederhana diarikan sebagai penyertaan modal yang nantinya modal tersebut dikelola manajer investasi. Manajer investasi nanti akan menyalurkan uang yang didapatkan kepada perusahaan dengan melalui proses sesuai ketentuan syariah. dan terakhir ada PRP Lending Syariah Amartha. Investasi ini menerapkan transaksi syariah yang aman, adil, bebas riba, transparan dan juga maksiat. Akad pun akan dilakukan antara pemodal dan peminjam yang tetap sesuai dengan prinsip syariah. jadi dengan beberapa jenis investasi yang telah disebutkan tadi, Anda bisa pilih investasi yang menurut Anda paling cocok dan paling menguntungkan.